ANALISIS LINGKUNGAN EXTERNAL PT INDONESIA SATELITE CORPORATION, TBK (INDOSAT) | 06.24 |
Filed under:
|
ANALISIS LINGKUNGAN EXTERNAL PT INDONESIA SATELITE CORPORATION, TBK (INDOSAT) SYIFATURRAHMAH HUKUM DAN PERATURAN Apa saja hukum dan regulasi yang penting yang harus dipatuhi oleh perusahaan ini dan seluruh industri jasa tersebut? Dalam menjalankan usahanya PT Indosat, Tbk harus tunduk pada regulasi yang dibuat Pemerintah. Keberadaan perusahaan diatur berdasarkan UU No.3 tahun 1989 tentang Telekomunikasi dan peraturan Pemerintah No.77 tahun 1991 yang menyatakan bahwa kedudukan perusahaan adalah sebagai badan penyelenggara jasa telekomunikasi internsional. Sedangkan kegiatan utama perusahaan adalah sebagai badan penyelenggara jasa telekomunikasi sentral internasional, termasuk jasa telepon internasional, telegram dan jasa faksimili penyimpanan. PEREKONOMIAN Bagaimana kondisi perekonomian mempengaruhi penjualan produk-produk perusahaan ini? Krisis moneter yang kemudian disusul dengan terjadinya krisis ekonomi telah membuat terpuruknya perekonomian Indonesia. Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar secara drastis banyak menyulitkan perusahaan-perusahaan di Indonesia yang diakibatkan pinjaman luar negeri yang cukup besar. Hancurnya sektor keuangan khususnya perbankan telah membuat dunia usaha kesulitan mendapatkan kredit yang memadai untuk mengembangkan usahanya. Krisis ini diperburuk dengan terjadinya krisis kepercayaan, yang mengakibatkan terjadinya penolakan letter of credit oleh pihak luar negeri. Hal ini membuat banyak terjadi PHK, dan pada gilirannya memperbesar jumlah penduduk miskin. Dengan turunnya pendapatan riel masyarakat maka daya beli masyarakat melemah. Sehingga mengurangi pendapatan PT Indosat. TEKNOLOGI Apa teknologi baru yang sangat mempengaruhi perusahaan ini? Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang cepat berkembang, seiring dengan berkembangnya industri elektronika dan komputer. Trend teknologi telekomunikasi ini semakin ke arah teknologi digital, semakin besar kapasitas, semakin sederhana perangkatnya, perluasan daya jangkauan keamanan dan privasi lebih baik, personalitas dan penambhn fasilitas yang lain. Maka dari itu ntuk tetap mempertahankan eksistensinya indosat selalu melakukan inovasi-inovasi. Seperti kemudahan mengakses internet, perluasan jaringan,dll. DEMOGRAFI Apa perubahan-perubahan dalam populasi yang mungkin mempengaruhi basis konsumen perusahaan ini? Kemajuan ekonomi yang terjadi selama ini telh banyak merubah keadaan sosial di Indonesia. Jasa telekomunikasi pada saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, baik untuk dunia usaha maupun diluar dunia usaha. Keberhasilan program Keluarga Berencana juga telah merubah keadaan demografi Indonesia. Jumlah penduduk usia produktif akan terus meningkat, yang tentunya akan semakin banyak memerlukan jasa telekomunikasi dalam kegiatannya. Hal itu merupakan pelung bagi perushaan-perusahaan penyedia jasa telekomunikasi. PT Indosat juga menggunakan hal tersebut untuk memperluas usahanya. ISU-ISU SOSIAL Apa perubahan-perubahan dalam masyarakat yang mempengaruhi pasar dari jasa perusahaan ini? Isu positif Banyaknya bonus yang ditawarkan PT Indosat kepada konsumen, membuat banyak konsumen yang beralih untuk menggunakan produk Indosat. Khususnya bagi kalangan remaja. Isu negatif Banyaknya konsumen yang menggunakan produk indosat, namun kurangnya server yang ada di Indosat membuat beberapa masalah diantaranya yaitu trobel/sulitnya menggunakan layanan Indosat. Hal ini bisa merugikn para penggunanya, karena komunikasi tidak lancar. PEMASOK Bgaimana hubungan perusahaan ini dengan para pemasoknya mempengaruhi profitabilitasnya? Peralatan-peralatan yang digunakan untuk pengadaan telekomunikasi internasional, merupakan peralatan yang bermuatan teknologi tinggi. Sehingga, sebagian besar peralatan tersebut didatangkan melalui pemasok luar negeri. Walaupun posisi daya tawar Indosat cukup kuat, mengingat cukup banyaknya pemasok, namun penurunan nilai tukar rupiah sangat mempengaruhi besarnya dana yang diperlukan untuk mendatangkan peralatan tersebut. Namun, pendapatan Indosat yang sebagian besar dalam bentuk Dollar, seperti pendapatan incoming call, cukup membantu. PESAING Perusahan-perusahaan apa yang bersaing dengan perusahaan Indosat? Apakah mereka bersaing dalam harga, kualitas, atau faktor lainnya? PT Indosat merupakan perusahaan telekomunikasi dan multimedia terbesar ke dua di Indonesia untuk jasa seluler setelah Telkom. Telkom merupakan saingan terberat dari Indosat. Dari segi jangkauan jaringan Indosat masih kalah dari Telkom yang telah berdiri lebih dulu. Namun dalam hal harga PT Indosat masih lebih murah dari pada Telkom. Persaingan antara penyelenggara jasa seluler di Indonesia menyangkut berbagai hal antara lain harga layanan, kualitas dan jangkauan jaringan, jenis layanan dan fitur yang ditawarkan serta pelayanan pelanggan. PT Indosat, Tbk terus menghadapi persaingan dari penyelenggara jasa telekomunikasi baru yang menggunakan teknologi baru. Pada akir tahun 2002, Telkom memperkenalkan TelkomFlexy yang menggunakan teknologi nirkabel CDMA. PENDATANG BARU Apakah akan muncul pesaing-pesaing baru? Mungkin? Memasuki abad ke 21, Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi di Indonesia. Namun akibat dibukanya persaingan pasar bebas banyak muncul layanan. Seperti Excelcominda(XL), Hutchison(3), Bakrie Telecom(Esia),dan Mobile-8 (Fren). PRODUK-PRODUK SUBTITUSI Apakah ada ancaman dari produk subtitusi bagi produk-produk di industri jasa tersebut? Telekomunikasi merupakan wahana yang menghubungkan manusia satu dengan manusia lainnya melalui berbagai media telekomunikasi. Sesuai dengan fungsinya tersebut maka jika diidentifikasikan ada beberapa jasa pengganti yang dapat mengambil alih fungsi tersebut dari jasa telekomunikasi, misalnya; jasa transportasi, jasa pos, jasa pers, dan internet. Dari berbagai macam jasa pengganti, berdasarkan kelebihan dan kelemahannya, maka kecenderungan pelanggan akan tetap menggunakan jasa telekomunikasi dalam hal kecepatan dan kemudahan berkomunikasi. KONSUMEN Karateristik-karateristik apa yang dimiliki oleh basis konsumen perusahaan tersebut yang mempengaruhi daya saing perusahaan? Karateristik dalam penentuan tarif yang lebih terjangkau dan bonus, sehingga membuat daya saing perusahaan karena para konsumen akan memilih tarif yang lebih murah dan yang menawarkan banyak pilihan bonus.
1 komentar:
jazakillah khoiron ya ukhti,, sgt bermanfaat
Posting Komentar